Penyebab WC Mampet Dan Penuh

Posted by


Kebiasaan tidak membuang sampah pada tempatnya ternyata tak hanya berdampak pada datangnya banjir, namun juga timbulnya berbagai macam penyakit yang dianggap baru dan sangat mengganggu kehidupan masyarakat luas dan makhluk hidup lainnya. Menganggap bahwa toilet menjadi tempat pembuangan yang akan membawa sampah ke tempat pembuangan akhir itu salah besar. Toilet justru penting keberadaannya karena air yang dibuang di dalamnya akan mempengaruhi lingkungan dan sumber air di dalam tanah.
Jika kita mengeluh akan menurunnya kualitas air, maka seharusnya kita dapat mengintrospeksi diri terlebih dulu dengan berpikir, mengapa kini kualitas air semakin hari semakin menurun? Karena bisa saja yang menurunkan kualitas air tersebut adalah kita sendiri. Pernahkah kita fikirkan bahwa benda-benda yang kita buang kedalam toilet yang mengakibatkan hal itu?? Bukan hanya itu saja bahkan penyakit-penyakit berbahayapun bisa timbul dari situ. 
1.Puntung rokok. Bagi para pria yang berlama-lama di toilet biasanya sambil menikmati menghisap rokoknya. Tapi setelah itu puntung rokoknya pun ikut dimasukkan ke dalam closet. Waduh...Tak hanya menjijikan, puntung rokok penuh racun berbahaya bagi tubuh. Sama seperti obat,bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa meracuni air resapan dan terjadinya polusi air. 
2.Kapas. Sepertinya ini hal sepele orang berfikiran bahwa kapas akan hancur jika berada di dalam septictank. Ternyata tidak kapas ini berkumpul jadi satu dan menyebabkan saluran pembuangan tersumbat, bahkan untuk mengatasinya sangat sulit, harus menggunakan cara manual untuk mengeluarkannya. Seperti popok bayi dan pembalut benda-benda seperti itu tidak dapat terurai pada saluran pembuangan. 
3. Obat kadaluarsa. Meskipun kadaluarsa jangan membuang obat dalam toilet karena setelah mereka hancur dan terurai menyatu dengan air kandungan kimia obat tersebut tidak hilang. Sehingga air akan tercemari oleh zat kimia tersebut.
4. Kondom. Siapa yang membuang kondom di tolilet? karen saat ini penggunaanya semakin meningkat, namun sayangnya tidak diikuti dengan cara pembuangan yang tepat. Padahal kondom terbuat dari bahan latex yang dapat meracuni air dan tanaman di lingkungan sekitar. 
5.Minyak. Minyak apapun terutama minyak goreng jangan dibuang ke toilet atau wastafel anda. walaupun dalam suhu tertentu nampak seperti cairan, namun siapa sangka mereka bisa membeku dan mengakibatkan penyumbatan pada saluran pembuangan.


Blog, Updated at: 06.04

1 komentar: